Header Ads

5 Tips Memotret Baby & Kids


Kadang sebagai seorang fotografer, kita sering dihadapkan dengan client yang ingin memotret bayi atau anaknya di studio atau di rumah mereka. Tidak semua fotografer mampu dan mau memotret bayi dan anak kecil karena mereka cukup sulit untuk dipose-kan dan rewel jika lapar atau mengantuk. Padahal memotret bayi atau anak kecil cukup gampang gampang susah, buat kalian yang ingin mengetahui tips memotret bayi dan anak kecil atau disebut juga baby photography, berikut saya berikan 5 tips agar lebih mudah melakukannya.

VERSI VIDEO :




1. SABAR DAN FOKUS
Kesabaran adalah hal wajib dalam memotret bayi dan anak kecil, kita tidak akan tahu kapan mood mereka datang, kita harus fokus setiap saat karena bisa saja sekarang mereka cemberut dan 2 detik kemudian mereka senyum lepas, pastikan kamera selalu mengarah ke mereka dan potretlah pada saat yang tepat.



2. POTRET MATANYA
Mata adalah jendela jiwa, terutama pada bayi dan anak kecil. Mata mereka sangatlah polos dan sangat indah untuk diabadikan, pastikan titik fokus selalu terarah kepada mereka, karena jangan sampai kita terlewatkan moment saat mereka memandang kita dengan penuh tanda tanya.



3. JANGAN MEMOTRET SAAT BARU BANGUN ATAU LAPAR
Saat yang paling dilarang adalah saat bayi dan anak kecil baru bangun tidur atau lapar. Sering disebut juga loading time, bayi dan anak kecil yang baru bangun akan sulit untuk merespon dan biasanya hanya diam tanpa ekspresi. Sedangkan bayi atau anak yang sedang lapar sudah jelas akan rewel dan tidak mau dipotret, yang ada malah mereka menangis dan tentu saja akan membuat kita menjadi serba salah.



4. BAWA PROPERTI SENDIRI
Tidak semua bayi dan anak kecil memiliki kesempurnaan, banyak diantara mereka yang memiliki kekurangan seperti alergi, beritahulah orang tua atau client kita untuk membawa properti dan keperluan sendiri seperti handuk, tisu basah, dan lainnya, karena siapa tau saat mereka menggunakan handuk dari kita, mereka alergi lalu gatal gatal dan yang ada adalah kita dimarahi oleh orang tua dari bayi atau anak kecil itu. Jika kita menyediakan properti berupa mainan, pastikan kebersihannya selalu dijaga dengan baik.


5. JANGAN MOTRET TERLALU LAMA
Tidak seperti pada orang dewasa, bayi dan anak kecil memiliki waktu fokus yang sebentar, pastikan kita memotret mereka secara maksimal dengan waktu yang tidak terlalu lama. Jika mereka rewel sedangkan kita masih belum mendapatkan foto yang bagus, mintalah orang tuanya untuk membawa mereka jalan jalan dulu keluar atau jajan ke minimarket terdekat. Saat mood mereka ceria kembali, silahkan lanjutkan memotret.


Demikian 5 Tips Memotret Baby & Kids, semoga bermanfaat.

Salam Jepret
Yusuf M. Aripin
Powered by Blogger.